Apa itu Guardrail


Rasanya kalau bukan orang teknik nama Guardrail pasti terasa asing dan aneh di telinga kita,  padahal kita sering melihat guardrail ketika kita sedang jalan. Memang yang kita kenal adalah pembatas jalan atau istilah kerennya guardrail. Paling bangak kita lihat pembatas jalan ketika kita berada di jalan Tol. 
 

Pagar pembatas jalan mempunyai fungsi utama yaitu sebagai peredam energi kinetik jika sebuah kendaraan menabrak pembatas jalan. Redaman energi kinetik ini membuat mobil paling tidak terbalik atau terpelanting jauh dari lokasi kecelakaan.

Masih segar dalam ingatan kita ketika anak salah satu musisi beken dan terkenal di Indonesia mengalami kecelakaan di jalan tol serta menabrak pembatas jalan. Bisa dikatakan anak tersebut beruntung disebabkan pembatas jalan atau guardrail yang ditabrak dapat menahan laju mobilnya yang sudah dalam kecepatan tinggi sehingga tidak menyebabkan terpelanting. Jika tabrakan terjadi pada kecepatan yang normal, bahkan guard rail masih bisa mementalkan kendaraan kembali ke arah yang paralel dengan jalan. Tentunya dengan pengecualian tabrakan terjadi pada kecepatan normal.

Bahan Guard Rail

Guard Rail pada umumnya terbuat dari bahan baja yang dibentuk dengan mesin cold-roll sehingga mampu menghasilkan beam baja berkualitas yang disebut dengan W-Beam. Sifat dari guard rail ini ialah anti karat sehingga tak akan terpengaruh sama sekali dengan cuaca ekstrem yang ada di luar ruangan. Guard Rail telah dilapisi dengan lapisan anti karat (lapisan galvanis) yang tahan terhadap panas matahari dan air hujan. Panas dan hujan yang biasanya menjadi musuh utama material logam bisa diatasi dengan baik oleh Guard Rail.

Sampai detik ini Guard Rail adalah bahan yang aman dan kuat sebagai pembatas jalan. Jika ada kebutuhan Guard Rail dalam jumlah banyak silahkan hubungi kami, kami jual Guardrail dengan harga bersaing. Datkan harga terbaik dari kami 

Semoga Bermanfaat

Comments